Minggu, 13 November 2011

Ribuan Jama'ah Memadati Masjid Al. Azom

Pagi ini pelataran masjid Al Azom Kota Tangerang seketika menjadi lautan putih, ya di sinilah para murid-murid TKQ/TPA dari berbagai kecamatan berkumpul untuk melaksanakan manasik haji. Acara ini dibuat sebagai bentuk pengenalan kepada anak-anak muslim mengenai cara ibadah haji. Kurang lebih 3000 orang berkumpul di sini, masjid Al Azom pun telah disulap seolah-olah menjadi makkah. Anak-anak muslim baik laki-laki maupun perempuan menggunakan ihram (baju khusus untuk haji)dan pada saat prosesi acara mereka menjalani berbagai hal seperti haji yang sebenarnya. Diantaranya tawaf, lempar jumroh,sa'i, dsb.
Pada pukul 6 pagi dilakukan daftar ulang dan panitia akan memberikan nomor urut kepada kelompok TKQ/TPA masing-masing, mereka menyebutnya dengan "kloter". Nah setelah itu anak-anak didampingi oleh ibu guru masuk ke dalam arena masjid.
Barisan para ustad cilik yang menggunakan ihram lucu yah ^_^... bagi laki-laki ihram itu terdiri dari dua lembar kain, sehelai melilit tubuh mulai dari pinggang hingga dibawah lutut dan sehelai lagi diselempangkan mulai dari bahu kiri kebawah ketiak kanan. Pria itu tidak boleh mengenakan celana, kemeja, tutup kepala dan juga tidak boleh menutup mata kaki. nah untuk yang perempuan pakaian ihram lebih bebas tetapi disunatkan yang berwarna putih, yang penting menutup seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan mereka, yang penting tidak ada jahitan. Lengan baju mesti sepanjang pergelangan tangan, kerudung yang digunakan harus panjang, tidak jarang serta menutupi bagian Dada. Baju, gaun atau rok harus sepanjang Tumit memakai Kaos kaki, Sepatu sebaiknya tidak bertumit dan terbuat dari karet.
Nah ini nih suasana pas acara berlangsung, para ibu senantiasa setia menunggu kedatangan putra-putrinya.. dan saking ramenya finally menimbulkan kemacetan... Susah banget mau bergerak. Puluhan bahkan ratusan orang tua jamaah berkumpul di pintu keluar. Saat kloter putra-putri mereka sudah selesai menjalani manasik haji, panitia akan mengumumkan menggunakan 'toa' nama dari kelompok TKQ/TPA masing-masing. Cuaca siang ini cukup panas yah, dan bisa bayangin ngga banyaknya orang begini napas semua.. karena saya sudah mengalami dehidrasi akut akhirnya saya memutuskan untuk undur diri dan sekian laporan yang dapat saya sampaikan. wasalam....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar