Sabtu, 05 Mei 2012

Jualan On Line

bismillah...
Saat ini aku lagi berbisnis, bisnis kecil-kecilan aja insyallah bisa kebeli Rumah, Mobil. Amin :D.. Padahal udah berkarir, tapi masih kurang juga dan akhirnya berbisnis ^.^ semangat !! Yahhh kali aja menabung dari dikit lama-lama membukit... Lanjuutt..
Aku tuh mau share tentang bisnis yang lagi aku jalanin, sebelumnya aku juga sudah punya bisnis kecil yaitu jualan pulsa. yahh walaupun untung ga seberapa tapi alhamdulilah Sesya Cell yang dibuka awalnya dari uang Rp. 100.000 sekarang udah hampir mencapai Rp.500.000 lebih dalam 3 bulan. Yah memang angkanya ngga seberapa. Tapi menjadi konter buat orang sekantor lumayan juga lah ya, apalagi kita jadi ga usah ngeluyur malem-malem ke konter buat ngisi pulsa.. Alhamdulilah itu adalah hasil kerjasama antara aku dan syahrul. Aku yang biasa lah hanya punya kemampuan "ngomporin dan modalin" tapi punya kekurangan yaitu "bosen" di selaraskan dengan syahrul yang punya "tekad dan keinginan kuat, keuletan, sabar, dan ga bosenan" nahhh jadilah Sesya Cell yang akhirnya berkembang.. ga serta merta sebuah bisnis tiba-tiba sukses dan berkembang, pasti ada liku yang dialami. Pernah mengalami kebangkrutan karena dulu sistemnya boleh utang, karena modal kecil jadi bangkrut karena ga bisa muter uangnya. begitupula Syahrul, trus dengan tekad untuk membangun kembali akhirnya kita cari konter yang bisa dapet harga lebih murah dan ga banyak gangguan, bisnis ini ada juga karena dukungan dari para pelanggan yaitu temen-temen di kantor yang merasa 'membutuhkan banget!' karena males nyari konter karna jauh juga mau kemana-mana akhirnya bisnis ini lancar. Kita ubah semua sistemnya, ga bisa utang, harus cash and carry dan Alhamdulillah yahh membaik...Sesuatu banget kan :)
Karena Sesya Cell sekarang di bawah naungan Syahrul, akhirnya aku mencoba membuat satu bisnis lagi. yaitu bisnis online, jual baju lewat BBM (Blackberry Messanger) di group gitu. Nama online shop ku Sesya Shop yah nerusin dari Sesya Cell karena kuanggap ini adalah nama keberuntungan. Berawal dari beli baju ke adik junior paskibra, ehh diajakin jadi reseller. Hahaha jadilah sekarang reseller baju-baju online. Yah alhamdulilah permintaan baju dari awal dibuka tanggal 1 Mei 2012 ini ada 5 pesanan. Hampir setiap hari ambil baju pesanan, bisnis awalnya memang mengasyikan yah.. hampir setiap hari belanja 7-10 pcs.. Aku mengantar sendiri ke pelanggan, ini yang membedakan aku dari online shop yang ada. Karena tempat yang aku kunjungin juga searah dan deket rumah, yah maklum karena yang aku tawarin cuma temen-temen aja. Blum berani buka yang orang luar, bisnis baru..
Dalam berbisnis itu ada aja yah masalah dari suatu bisnis. Awal pegang bisnis, temen mulai kepo dan bilang "ih ini mah bahannya panas, ih gatel tau, dsb." yahh dia berusaha mematahkan semangat aku :( trus ada lagi barang yang udah dipesen trus dicancel seenaknya. okelah fine distributornya juga ga masalah karna belum dibayar. Tapi kan bisnis on line setau gue ga gitu deh!! Komplainan dari costumer : kemarin barangnya kebesaran, tapi fine! dia ga masalah. Nahh ini ada lagi orang udah ngeliat barangnya dibawa pulang trus dia mau tuker, tapi barang yang udah dibayar, dilepas dari plastiknya juga mau di cancel? heloooowwww lo pikir gw tanah abang berjalan apah!!! gila ajah dia minta dibalikin uangnya, dipotong uangnya ga papa, dia pikir ini online shop atau tanah abang berjalan tuh???!!! Sempet ngerasa nge-down juga karena komplainan pelanggan.
Setau aku yah ga ada yang boleh cancel kaya gini, nih ya setau aku tentang bisnis online adalah sebagai berikut :
1. Kalo sistem transfer uangnya, uang harus ditransfer trus pict gambar transferannya di kasih ke penjual baru barang dikirim
2. kalo udah pesan, ga bisa cancel. Karena barang ini juga sudah dibeli oleh si penjual dari ditributor. Kalo distributor besar ga masalah, tapi kalo reseller atau pengepull? nah nasibnya gimana??
3.Apalagi barang yang udah sampai ke tangan, ga bisa dikembalikan. Kecuali reject atau ada yang cacat. Solusi : makanya kalau mau beli barang tanya dulu size nya apa? warnanya gimana? bahannya gimana? panjangnya berapa? lebar dada atau pinggang berapa? fit ke apa? pikirkan baik-baik!! liatin yang dipake modelnya, kira-kira aja kalo badan modelnya kecil, berarti kalo kita pake tu bakal sempit atau longgar. SEE!!! LOOK!!!
4. Banyak nanya ga papa tapi jangan yang dikoment pict, karena kadang membingungkan, kalo mau PM aja. pasti ditanggepin.
biarpun ada 1 atau 2 yang komplain, tapi barangku tetep aja dibeli ko... banyak juga yang order 2 sampai 3 kali. Kebanyakan mereka puas, karena barangku sesuai pict nya :)
Jadi bijaklah dalam memilih, jangan menguntungkan diri sendiri ajah, sementara orang lain rugi yahhhh gimana??Amsiyongg dong :D
ga apa deh anggap hari ini adalah pelajaran buat aku, siapa tau abis ini aku bisa dapat customer yang lebih banyak lagi. Amin. Yang penting aku ga pernah bohong tentang keterangan gambarnya, kalo lebih teliti lagi melihat pictnya juga ga akan salah pilih ko. Biarin seppp... cuma 2 orang aja yang rese ko! pikirin aja 1000 pelanggan yang sudah nunggu kamu untuk orderan barangnya.
Sukses adalah hadiah untuk orang yang paling bisa bertahan, bukan yang paling tercepat untuk naik. Karena bertahan pada kesuksesan akan lebih sulit dari pada mencari kesuksesan itu sendiri
Soo jangan berhenti karena 1 orang, jangan mau mimpimu dirampas bahkan oleh sahabatmu sendiri... lihatlah orang-orang yang ada diseklilingmu yang membutuhkan kamu septi...GO FIGHT AND WIN!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar