Kamis, 20 Maret 2014

Mudahnya laporan SPT Tahunan

Siang ini ke kantor pajak Tangerang, tepatnya pas di depan Puspem. Hari ini rencana mau laporan pajak karena terakhir itu katanya tanggal 31 maret 2014 ini (Sumber dari email kantor) Tapi di website yg kemarin gw baca itu tgl 28 maret 2014. Entahlah..

Setelah menempuh jarak kurang lebih 30 km perjalanan dari rumah ke kantor pajak ini.. trus gw parkirin motor di samping gedung. Padahal bisa sih di dalem cuma terlihat ribet. Padahal di luar yg jaga itu tukang parkir dadakan yg kalo motornya ilang cuma bisa bilang.. wah saya ga tau :/ *jgnditiru* bayarnya 2000 saja..murah kan tapi hehe.

Masuklah ke dalam gedung KPP Tangerang. Ternyata di depannya sudah dipasang tenda untuk tempat laporan pajak..canggih ya.. berarti hampir sebagian besar masyarakat Tangerang taat pajak dan mengerti tentang laporan pajak. Di sana rame banget.. karena bisa dititip itu laporan pajaknya, jadi satu orang itu bisa bawa 10 SPT yg harus di tanda terima. *ngantriyecin*

Setelah masuk gw nanya, pak saya mau laporan pajak gimana ini? Si bapak minta liatin bukti potongnya. Trus setelah gw kasih liat dia kasih deh itu form.. beda-beda untuk formnya tergantung dari penghasilan tahunannya gimana? Klo lebih dari 100jt namanya 1770s kalo ga salah nah dibawah itu pake form 1770 SS formnya warna hijau gitu tulisannya. Abis itu dengan bingungnya gw celingak celinguk trus duduk aja akhirnya gw putuskan untuk baca dulu deh. Inget ya..ketidaktahuan seseorang adalah karena mereka ga mau bertanya dan tidak mau membaca. #hahasotoy. ternyata kita tinggal nyalin aja tulisan yg ada dibukti potong ke form 1770 SS itu. Thats really easy man!! *tengil*

Setelah diisi nanya deh ke peneliti SPT. Keren yah namanya peneliti SPT kerjaannya ngecek apalah yg ditulis sama kita bener apa salah sama ngasih tau informasi juga sih heheh.. trus dia blg apa? Mba..ini nomer NPWP nya mba salah tulis *gubrak* makanya jangan sotoy sep! Trus dia blg ganti aja formnya..tulis dari awal. What!!!! Daripada gw mondar mandir akhirnya gw sekalian nanya apa yg gw tulis udah bener apa belom? Trus dia blg. Iya udah bener kok..

Dengan berat hati gw minta form lagi ke depan dan ngisi lagi dari awal. Eh tau ga dia tadi ngelayaninnya masa sambil makan kue gitu.. bukannya pengen sih ya cuma ngiler *ehsalah* tapi dia makan sambil ngomong "mba ganti aja formnya..tulis dari awal" *sambil ngunyah terus ngabisin sisa makannya* oke deh septi .. lo mulai tengil dlm memperhatikan tingkah org haha... trus mereka itu apa ga nyediain tipe ex aja gitu ya dari pada ganti kertas kan sayang.

Setelah gw isi gw ga mau ke orang yg sama ah..daripada ntar ada yg salah trus suruh ngulang lagi pake kertas baru... bisa2 abis satu pak sendiri tuh form buat gw *lol* trus gw tanya ke sekuriti..pak saya udah selesai ngisinya. Dia blg tunggu aja ya,duduk dulu *keadaan ngantri* trus pas udah kosong satpamnya nyuruh duluan tapi gw merasa gw baru duduk di situ. Gw kasih kesempatan ke yg lain dulu dong *utamakan budaya antri* *proud to my self*

Setelah org tersebut pergi,kan bangkunya kosong lagi. Di sebelah gw juga kayanya lebih dulu gitu. Gw tanya lah mas..saya boleh duluan ga? Maksud hati sih kan cuma 1 doang yg mau dilaporin gitu. Eh mas2 nya bilang saya cuma mau nanya doang kok. Trus dia maju...wtf! Tau gitu gw nyelonog aja ga usah nanya dia.Hahah

Sampingnya kosong trus sekuritinya bilang sini mba.. dan gw dapet yg lebih baik. Padahal ada coretan sedikit tapi ga dipermasalahin suruh nulis dari ulang. Alhamdulillah ya.. setelah di cek trus bukti potong ama formnya diambil. Dia kasih tanda terima,ga sampe 2menit selesai.

Ternyata mudah dan cepet ya buat laporan pajak.. ga sampai 10menitlah ya kalo udah tau cara ngisinya. :)

Nb: jgn lupa bawa pulpen dan tipe ex pribadi karena di sana ga diprovide. Trus usahakan ga usah bertanya lagi ke samping2 kalo mau maju ke peneliti SPT langsung aja. Siapa cepat itu yg dilayani *lol*







.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar