Selasa, 23 Februari 2016

Day 3 setengah hari di jogja (candi prambanan,belanja di malioboro)

hari ke tiga di jogja dimulai pada jam 5.30lt, kita mulai mandi dan siap-siap karena pagi ini mau ke candi prambanan dengan trans jigja. Menurut review dari beberapa blogger,naik trans jogja ke candi prambanan itu murah. Dan ternyata bener kok.

Naik trans jogja dari pasar malioboro 1 bayar 3.600/orang untuk semua destinasinyg dilewatin. Termasuknya murah dan efektif nih naik bus ini, karena selain murah jarak malioboro-candi prambanan kurang lebih 40menit. Suasana di dalem bus trans jogja sama seperti naik busway, aman, nyaman, kondekturnya juga kita bilang pak turun candi prambanan,nanti pas sampe destinasinya di kasih tau.

Pas udah sampe di halte candi prambanan, kita keluar dari terminalnya terus nanya lagi ke penduduk setempat, kalo mau ke candi prambanan kemana arahnya?nanti dikasih tau kok hehe... Kesana bisa naik ojek, becak ataupun jalan kaki. Karena masih pagi dan irit, kita memutuskan untuk jalan kaki. Pas udah sampe pelataran candi, dikasih tau arah masuknya sama sekuriti.

Ga terasa kita jalan udah jauh banget, itu belom sampe ke tempat beli karcis masuk haha aseliii jauh banget. Terus setelah sampai di pintu masuk, terdengar suara gamelan seperti khas jawa gitu..*yaemang kita dimana?pan di jawa sep!* hahaa norak yah... Disitu juga banyak informasi seperti tour keliling candi, kalo candi prambanan ajah 30rb kalo ke candi ratu boko itu 50rb kalo ga salah. Nah shuttle nya untuk ke candi ratu boko nanti ada di dlm candi prambanan. Dan kali ini kita cuma milih untuk explore candi prambanan.

Setelah pemeriksaan karcis, kita masuk ke area candi, masih jauh lagi jalannya ke dalem candi. Ngelewatin taman-taman yang hijau dan terawat, dari jauh candi prambanan terlihat cantik banget. Pokoknya kalo di sini tuh beneran jalan-jalan, dan jam yang kita pilih udah paling bener yaitu pagi hari..haha entah berapa km yg udah kita jalanin pagi itu, yang pasti peluh telah membasahi raga ini lah pokoknya *cihuybahasanya* :D Sampe disana ketemu sama anak SMP yg lagi outing class sama guru-gurunya. akhirnya kita tour bareng mereka.

Masuk ke area candi kita ngelewatin kaya xray gitu, kan kita pikir tasnya akan diperiksa atau gmn gitu yah..ternyata engga dong *trus esensi dikasih pintu xray buat apa* *masih bingung* . Dan biasanya dipinjemin kain gitukan, kita engga dipinjemin..huft *kecewa*...tapi yaudahlah ya yg penting beneran bisa sampe di dalem candi roro jonggrang. Kita masuk,muterin,foto-foto,gegilaan dll deh pokoknya. Matahari juga lumayan terik pagi itu makanya kita ga mau terlalu banyak gerak, nyimpen energi buat jalan pulang maksudnya :D

Selesai foto dari depan ke belakang, kita mau pulang, jam udah nunjuk ke arah jam 9. Ngikutin petunjuk jalan keluar, muter muter kemana2...jauh banget lah pokoknya, ga bisa motong jalan :D siapin fisik aja yah kalo kesini haha,itu aja kita belom ke candi sewu yg ada di area itu, selain candi juga udah ada taman,tempat bermain,dll. Semuanya terawat dengan baik,bersih,dan teratur. Sebenernya pengen muter-muter lama, sayang banget,ngejar waktu checkout dari hotel jam 12 siang.hmm...

Jalan lagi ke halte trans jogja, beli tiket 3.600 dari candi prambanan ke kentungan utk jemput mamanya benun, transit 2 halte, pindah bus. Sampe kentungan, makan siang terus pesen taxi setia kawan untuk jemput dan anter kita ke malioboro. Abis itu tukeran no hp sama supir taxinya, kali aja dia masih disekitar malioboro nantinya utk nganter ke st.lempuyangan..

Sampe di malioboro, kita ke hostel trus checkout,numpang sama bu bimo untuk titip barang,karena mau belanja dulu nnti diambil abis belanja. Dan ternyata boleh aja kok..dijagain sama bu bimo..makasih ya bu bimo..

Belanja di malioboro, beli aksesoris,tas,daster untuk emak,bakpia,dll kalap banget karena belanja di sini murah meriah,asal bisa nawarnya hehe. Ga terasa udah jam 2 padahal kereta berangkat jam 2.30lt astaga...telat!!!! Langsung setelah itu balik ke hostel lagi utk ngambil barang, gue nelpon driver taxi setia kawan yang tadi, namanya pak yono, buat jemput lagi. Gue bilang urgent pak, butuh cepet. Dan 10menit kemudian dia jemput lagi di hotel. Alhamdulillah sampe di st. Lempuyangan cuma 10menit dari malioboro. Karena pa yono udah tau jalan, kita setengah lari ke kereta takut ketinggalan..karena kereta itu ontime banget jalannya.

Dan bener jam 14.30lt tepat kereta Progo berangkat menuju st. Senen. Sampe senen jam 23.30lt tepat, welcome to jakarta again. :))

Motto perjalanan : my trip my adventure, but my sleep ga terature 😂😂😂😂😂 :D sekian