Jumat, 21 Desember 2012

Bikin paspor...akhirnya!!

Hari ini udah izin HRD buat ke Imigrasi bandara, gw mau cerita pengalaman gw buat paspor... Gw memilih untuk membuat paspor online. Awalnya gw scan dokumen yang dibutuhkan, di sana banyak pilihan mau scan dokumen apa? akhirnya gw scan akte, KK, dan KTP... dengan bimbingan sylpi akhirnya jadilah document yang discan itu. Udah abis di scan, masuk ke imigrasi.go.id isi deh datanya... Jangan sampai salah, baik nama kita atau nama orang tua juga ga boleh salah. Setelah itu masukkan attachment yang tadi kita udah scan. Setelah lanjut...lanjut...sampai akhirnya kita milih mau di imigrasi mana nanti bikinnya, dan gw memutuskan untuk di Kanim 1 Bandara Soeta.

Jam 09.00 pagi udah standby ke Bandara Soeta, pas sampai sana langsung ke loket 1 ambil nomor antrian. Pas di depan loket, dibilangin mba udah isi data belum?kalo belum beli form nya di belakang, dia nunjukin jalan ke arah kantin belakang kantor. setelah itu gw ke sana dengan bermodal Rp 5.000 udah dapet form plus map warna cream. Trus gw isi lah dengan cekatan, pas nomor gw dipanggil gw maju, dengan membawa fotokopi kk, akte, ktp, dan form yang tadi udah gw tulis itu. tapi pas dia liat ktp gw, dia bilang mba ini salah fotokopinya, tau ga gw fotokopiinnya miring dia bilang "mba kalo miring gini susah nginputnya" *tepok jidat* buakakakak.... reflek gw ketawa dong!! trus dia lanjutin "ktpnya depan belakang, dibuatnya atas bawah gini mba" sambil dia nunjukkin yang bener. Akhirnya gw balik lagi ke fotokopian, Rp. 1000

Setelah itu semua selesai, gw kasihlah semua berkas ke si mba-mba itu, udah mba-mba nya jutek lagi... trus gw lupa ngasih dokumen yang gw cetak paspor online itu, gw udah dikasih bukti suruh balik lagi tanggal 2 januari utk wawancara and foto... karna gw bingung gw telf silfi dong, trus gw tanya kok gw suruh balik lagi tanggal 2 deh, padahal gw blom di wawancara, eh dia ngingetin yang bukti cetak paspor online itu belom gw serahin... Bodoh!!! part2!!!!... hahahahha.....

Akhirnya gw balik lagi, masih dengan mba-mba yang tadi dan "ehmmm..permisi mba, saya sebelumnya udah daftar lewat online" dan mba-mba nya bilang "mana buktinya mba???sekalian dilampirin yah!!" trus mas-mas di sampingnya bilang, "udah ktp miring, otaknya ikut miring juga yahh" *sambil ketawa-ketawa* dan gw juga  jadi ikut ngakak....

Udah selesai semua, dia kasihlah nomor antrian berikutnya, nunggu lama banget sampai akhirnya jeda solat jumat.... jiaahhhhh!!! gimana ini *panic*... yaudah akhirnya pulang dulu ke kantor, untung rini enak diajak kerja samanya jadi pas jam 3 gw meluncur lagi ke sana, hahaha... sampai sana masih suruh nunggu lagi 2 orang lagi, trus 30 menit kemudian, nomer gw dipanggil. Pertama masuk untuk foto, ga boleh nyengir, telinga dan alis harus keliatan, *Jepreeeetttt* setelah itu cap 4 jari kanan, kiri, trus 2 jempol. selesai deh!!! masuk ke ruang intervieww... yang di sini seru nih!!!

Sebelum gw itu ada cewe, pas ditanya "buat paspor, memang mau kemana?" dia jawab, "mau ke singapore dari kantor" dan orang imigrasinya bilang "kalo sama kantor, pake surat keterangan dari kantor juga yah nanti pas pengambilan paspor" dan dia celingukan *mampus* nah lohh!! setiap jawaban, bakalan jadi pertanyaan nih. yang satunya lagi bilangnya " saya mau ke tempat adik saya, dia kerja di malaysia" akhirnya orang imigrasinya nanya "kerja apa dia di sana? alamatnya di mana???" nahhhh.... dia ga bisa jawab juga!! akhirnya dengan ketakutan gw itu, gw mengkonfirmasi ke silfi lagi. gw nanya dong jawaban gw harus apa??? dia bilang "jawab aja, mau vacation ke singapore akhir tahun ini" dan dia bilang jawabnya jangan ragu-ragu. Yaudah pas dipanggil, gw baca bismillah trus gw jawab yag seperti silfi ajarin. Alhamdulillah langsung oke, tanggal 2 januari jadi. yipppiiii

*sekian*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar